Sunday, May 2, 2010

Servo dan servomechanism

Beberapa hari yang lalu kami sempat bingung dengan istilah ini. Teman teman di bengkel robotika sering menggunakan istilah servo untuk servomotor atau motor servo. Intinya, ya motor listrik yang menggunakan servomechanism. Penggunaan kata servo yang merujuk pada servo motor ini sempat membuatku bingung.
jadi sebenarnya istilah servo sendiri merujuk pada mekanisme kerja sebuah motor. Sebuah motor listrik disebut sevo motor jika dia dilengkapi dengan sistem kontrol loop tertutup.

Pengertian servomechanism sendiri  secara sederhana adalah: sebuah device otomatis yang menggunakan error dari sinyal feedback untuk mengkoreksi performa dari mekanisme. Yah, khas sistem pengaturan loop tertutup.
Sebenarnya mekanisme ini mungkin tidak hanya diterapkan pada motor sebagai plant, mungkin saja device yang lain. beberapa tipe servo menggunakan prinsip hidrolik, pneumatik, atau magnetik. Namun karena plant yang paling banyak digunakan adalah motor listrik, maka istilah servo sering merujuk pada motor servo.
Saat pertama ditanya tentang macam-macam servo saya sempat bingung, ini maksudnya servo yang mana, dan macam-macamnya berdasarkan apa. Tapi ternyata seorang teman dengan percaya diri “ Ya, secara umum dibagi 2, pertama yang hanya mampu berputar 180 derajat, kedua yang mampu berputar penuh 360 derajat”. Dari situ saya baru tahu bahwa yang kita bicarakan dari tadi adalah motor servo!!! yoalah… kenapa g dari awal dijelaskan maksudnya…

No comments: